Sabtu, 25 Oktober 2008

"Dari baju,peyek,nasi uduk warung hingga sapi"

Hallo Sahabat.... kembali lagi kita bertemu dalam keceriaan hari ini........

Nah,menunya bukanlah hal penting hanya seputar kilas balik tentang usaha yang rasanya baru saja kemarin budhe tinggalin elala... kok ya ternyata sampai hitungan tahun.Cerita ini bakalan panjang dan maaf yach ..bila sekiranya membosankan.Tinggalin aja... wow.. jangan dhonk...hiks!!!

Ah mulai dari mana yaaaa... aha.. baiklah jadi sebelum di Qatar sini budhe kant tinggal di Cilegon tepatnya di Perumahan Bukit Palem Indah Jl. Lantana Merah no. 6 duuuh bangganya... hihi... itu rumah sendiri kah????? hmm BUKAN...melainkan rumah fasilitas tempat tinggal dari pabrik tempat suami bekerja sebagai buruh di PT.Candra Asri Petrochemical konon dulunya BUMN ya dan sejak mbah Harto almarhum mantan presiden kita lengser trus dimiliki swasta oleh menantu apa sapa gitu klo' ga' salah namanya Bp. Prayoga Pangestu sekarang malah kabarnya dipegang ma asing whala... ngenes dech..

KEBIASAAN KE PASAR
Namanya juga di bukit ... jarang banget tukang sayur atau pun jajanan lewat ya ada sih cuma dah siang dan tinggal sedikit pilihan kecuali klo' dah pesan duluan kemarennya.Karena para tetangga komplek pada punya mobil mereka nyaman aja turun gunung eh bukit ke super market untuk nyetok sembako.Klo' hari Sabtu pagi nich,budhe pergi ke pasar naik ojeg ya waktu itu belum kredit motor wah bagi budhe mahal banget onkosnya Rp.6000,- sekali jalan jadi pulang pergi duabelas ribu padahal bisa sih naik angkot yang lebih murah tapi ya sama aja cuma sampai jalan utama ga' boleh naik sampai ke rumah.Jam lima pagi abis subuh biasa budhe nyampai pasar dan pastinya seneng banget glihat sayuran seger masih banyak dan harganya sangat murah,ikan,daging serta bumbu-bumbu komplit.Tentu saja budhe pake sepatu but trus mblusuk-blusuk bareng tukang-tukang penjual sayuran keliling karena becek banget.Syukurnya ikan-ikan langsung dibersihkan.Biasanya budhe nyetok bahan lauk untuk seminggu simpan dikulkas sudah diracik dan dikasih bumbu dibungkusin sekali masak.


Nah,selesai belanja sayuran seteman-temannya.... saatnya budhe nyari sarapan nich ... masih ingat warung langganan budhe di belakang pasar agak masuk ke dalam yang menunya sebenernya biasa aja bahkan bisa dikatakan kurang enak tapi ya namanya juga darurat kelaparan di pasar dan lebih enak di warung-warung bagian depan tapi budhe seneng disitu sebab pembelinya ibu-ibu semua sedangkan kebanyakan warung kant ya campur hihi... sangat ga' nyaman yach... makan bareng mamang-mamang yang maaf baunya hweks!!! Perut kenyang sudah tanpa ingat anak - anak dirumah ma ayahnya titipin tu sepatu butnya karena dah siang ganti dengan sandal jepit lanjut dech belanja dengan sisa uang beli keperluan dapur dengan perhitungan kalau belanja ke tukang sayur yang lewat sekian dan jika belanja ke pasar langsung untungnya sekian taraaaa.... jadilah ada kelebihan uang lumayanlah bisa mbelikan beberapa potong baju anak tanpa aggaran.Selain itu kadang budhe juga belanja keperluan bulanan di pasar ya ditempat biasa orang kulakan untuk dijual lagi jadi tentu saja harganya sedikit lebih miring.Aha... lumayan lagih.Oh ya.... ada orang upahan yang membawakan belanjaan jadi enak aja jalan tinggal ambil bayar dhoank.Whell!! tak lupa pula membeli oleh-oleh jepit dan pita rambut serta jajan pasar.


Sampai dirumah disambut teriakan riang kakak dan mas.... duuuh hilang dech rasa capek sebelumnya.Dan para ibu tetangga sebagian ada yang sedang ngumpul menemani putra-putrinya sementara para bapaknya nyuci mobilnya siap untuk bepergian.Mama Billa tetangga baik budhe persis depan rumah sering menyapa,"Whala... ngapain sih mama fida...mau-maunya ke pasar pagi becek... bentar lagi kant tukang sayur lewat..." budhe cuma bisa senyum terima kasih.Ah jadi kangen nich... Trus sementara budhe mandi, si ayah yang bertugas membersihkan belanjaan dan menatanya.Oh ya .. kakak mas dah pada mandi dan sudah nagih pula minta pergi ... akhirnya abis dzuhur kita ke mall nganter anak-anak main hingga mereka puas dan dilanjut ke toko buku.
JUALAN BAJU
Suatu pagi di hari lainnya... Sambil nyuapin mas karena kakak dah berangkat sekolah di sekolah alam"Peradaban Cilegon" kita para emak rumahan biasalah ngumpul ngrumpi di depan rumah dan sebagian nyeletuk.."Wah.. mas Jiddan bajunya baru terus ya... bagus-bagus tiap libur ke mall mulu pasti dech ngeborong ..."Budhe cuma ngejawab dengan nyengir hahaha... ke mall mah main dhoank dan terkadang malah membiarkan anak-anak lari-sana sini tanpa beli koin hihi... ma'lum ajah dan baju-baju beli di pasar tanpa merk klopun beli di mall cari diskonan.. harganya sekian...
Nah... mulailah mereka para ibu-ibu tertarik untuk nitip dan memesan baju -baju anak anak ke budhe klo' pas ke pasar di tiap Sabtu...Horay...dapet orderan banyak trus numpangin harga jadilah kakak mas bisa make baju gratisan hasil untung...trus yang bikin sama senangnya yaitu budhe kasih bonus misalnya baju plusnya pakaian dalem gratis gitu dan tentu saja mereka seneng padahal budhe juga ga' mau rugi kant... pastinya dah termasuk harganya hahahaha...
Karena dah langganan,budhe juga bisa pesan lewat telphon dan dianter ke rumah oleh penjual baju dari pasar atau dia ngutus orang suruhannya ya klo' budhe ga' bisa ke pasar karena hari kerja si ayah.Tentu saja dengan kesepakatan sebelumnya... trus gini para sahabat... budhe tu orangnya cerewet banget palagi soal milih-milih baju ya namanya di pasar kant klo' ga beneran selektif pasti dapetnya pasaran dengan kualitas rendah jahitannya asalan jadi mestinya bukan hanya lihat penampilan luar baju pilihan kita tapi pastikan dibalik dulu teliti jahitan bagian dalem sekiranya ati-ati dan cocok barulah ambil.Oh ya awal usaha jualan baju ini tanpa modal uang seperakpun lho...ya cuma kepercayaan ajah dah klo' ga' laku trus tanpa cacat boleh dikembalikan lagih.Baik banget ya tu orang..hehe.. makasih Afung...smoga tambah besar tokonya ya...budhe terkesan banget dan pokoknya tak terlupakan yang dijual Afung " Toko Usaha Kita" pasar baru Cilegon tu ada Little M dan Little Cool lho.. yang biasanya produk Matahari dhoank..
Setelah para tetangga menjadi pelanggan setia ...budhe mulai merambah ke perumahan yang ada di bawah maksudnya bukan bukit atas dan perumahan Krakatau Steal pabrik baja terbesar seasia tenggara yang ada di Cilegon ..mereka kant kaya-kaya dan biasa pula belanja aju bermerk Taraaaaa... ternyata dengan olahan kalimat budhe hehe... mantap ngrayunya kali.. mereka juga pada tertarik untuk langganan ke budhe dan slalu nunggu koleksi berikutnya.Alhamdulillah....
Jadilah ruang tamu tempat kabrukan baju kulakan... setelah di list dan diganti dengan harga dari budhe mulai dech kring-kring olala kesana dan kesini dan... aha... pelanggan dateng sendiri untuk pilih pilih ambil ada yang langsung bayar dan banyak pula yang nunggu gajian hihi... Tapi kegiatan jualan keliling dari pintu ke pintu tetep karena akhirnya ayah mbelikan motor untuk budhe hiks kangen Jupiter Xnya Yamaha warna biru penuh kenangan.
Kebiasaan mblusuk-blusuk ke lorong-lorong pasar masih tetep dan cerita nasi uduk,peyek,sapi dan warungnya nyusul ya... bersambung di kesempatan santai berikutnya.Okay Sahabat semua..... Tos dulu ah!!!
















5 komentar:

  1. wah budhe terkenang masa itu ya...sama budhe..zie jg skrg tinggal di mess gitu .. nyetok bahan makanan utk masak seminggu walau sbnrnya pasarnya dpn komplek pabrik tp krn ga bs keluar jam kerja jdnya belanjanya sekalian deh pas hari minggu

    BalasHapus
  2. wah banyak kegiatan neh budhe..
    tapi masih sempat posting ya hebat
    :)

    BalasHapus
  3. Hahaha... iya nich ... lagi terkenang masa lalu...makasih ya Mas Fauzan dan Mba' Zie..

    BalasHapus
  4. Noosstaallgiaa maasssa berpacaaraan...! (lagunya Meggy Z..) hehehe.. ga nyambung ya Budh...

    BalasHapus
  5. seruu jg
    ~ http://asephd.co.cc ~

    BalasHapus

makasih yach... kalimat Anda sangat berarti untuk Budhe